Businesss Plan

Dalam postingan sebelumnya telah saya jelaskan apa itu perencanaan dalam berwirausaha, perencanaan dibutuhkan sebagai proses penetapan tujuan dari suatu stategi pencapaian tersebut. Lebih jelasnya lagi dalam mendirikan usaha, tujuan dari mendirikan usaha harus dijabarkan menjadi sebuah visi dan misi.

Apa itu Visi ?

Umumnya visi itu adalah suatu pernyataan tentang pandangan(orientasi) jauh kedepan mengenai usaha/bisnis yang akan dimulai, apa saja tujuannya dan apa yang akan dicapai kedepannya nanti.

Apa itu Misi ?

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha untuk mewujudkan Visi. Misi usaha adalah cara mencapai tujuan,alasan mengapa usaha itu ada, dan memberikan arah sekaligus batasan dalam proses pencapaian tujuan yang ingin dicapai.

Selain visi dan misi yang harus ditetapkan dalam memulai sebuah usaha, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk mengawali sebuah bisnis yaitu ;

Ciri Khas Produk Yang Dijual

Produk yang dijual haruslah bermanfaat bagi orang lain dan memiliki keunikan sehingga menarik minat customer.Kalaupun barang/jasa yang dijual sama, harus ada nilai tambahnya dibanding produk pesaing yang sejenis.

Analisis Pasar

Cari tahu siapa pasar produk yang kita jual, bagaimana permintaan pasar dan prospek produk, serta siapa saja kompetitor kita. Dengan begitu bisa lebih mudah meraih pelanggan. Jika perlu lakukan uji coba produk dan tanyakan pendapat orang terdekat tentang produk tersebut

SDM 

Memiliki sumber daya manusia yang sama sama memiliki semangat untuk menjalankan usaha yang akan dijalankan terebut. dan tentunya bisa bekerja dengan tim.

Strategi Penjualan

Atur strategi dengan melihat peluang yang ada. dengan inovasi inovasi baru yang kiranya dapat menarik minat pelanggan lebih banyak lagi.

Fokus 

Seringkali kita dihadapkan pada berbagai tantangan yang ada, yang harus dilakukan disini adalah fokus pada apa yang telah kita kerjakan dan tetap berusaha dan berdoa agar pada proses segalanya dapat berjalan dengan baik.

Diharapkan dengan adanya perencanaan bisnis yang baik maka perencanaan dengan kenyataannya memiliki perbedaan yang cukup kecil. Karena itu perencanaan bisnis yang baik ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi penciptaan usaha atau bisnis yang kita jalankan.

business plan

Tinggalkan komentar